Media Poster Digital Canva Tema Pencemaran Udara di Lingkungan Sekolah
Sebuah Pengalaman Baik Implementasi Project Based Learning Mata Pelajaran IPA

By Tuti Alawiyah S, S.Pd. 09 Jun 2023, 16:34:39 WIB Tutorial
Media Poster Digital Canva Tema Pencemaran Udara di Lingkungan Sekolah

Media Poster Digital Canva Tema Pencemaran Udara di Lingkungan Sekolah: Sebuah Pengalaman Baik Implementasi Project Based Learning Mata Pelajaran IPA

Oleh Tuti Alawiyah S, S.Pd

Latar Belakang

Sekolah adalah tempat siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan serta
mengembangkan minat dan bakat yang ada pada siswa. Untuk itu diperlukan
suasana pembelajaran siswa yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan agar semua
potensi yang ada pada siswa dapat berkembang dan tersalurkan dengan sempurna. Namun pada kenyaataannya kita menemukan kemampuan kreatifitas siswa kurang terfasilitasi dalam pembelajaran di sekolah akibat metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton dan teacher centered.  Hal tersebut berdampak pada motivasi dan minat siswa dalam mempelajari IPA mesih cenderung rendah.

Berdasarkan data kajian literatur dan wawancara didapatkan bahwa faktor- faktor yang menjadi latar belakang penyebab masalah muncul dalam pembelajaran, yaitu :

  1. Guru merasa repot saat membimbing praktikum karena tidak mempersiapkan kegiatan praktikum.
  2. Guru tidak mengembangkan keterampilan teknologinya.
  3. Guru belum menguasai model-model pembelajaran inovatif seperti PBL atau PjBL yang fokus pembelajarannya adalah pemecahan masalah.

Berdasarkan faktor- faktor tersebut, akar penyebab masalah pada rendahnya motivasi belajar IPA adalah guru belum menerapkan model pembelajaran pemecahan masalah yang membuat siswa menemukan sendiri proses belajarnya. Hal ini terjadi karena guru masih cenderung menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi belajar dan proses pembelajaran hanya terjadi satu arah.

Terdapat empat indikator keberhasilan peningkatan motivasi belajar IPA yang akan diukur, yaitu perhatian (attention), relevansi (Relevance). Percaya diri (Convidence), dan kepuasan (Satisfaction).

Masalah yang dapat digunakan dalam PjBL tema pencemaran udara sangat dekat dengan lingkungan sekolah. SMP Negeri 1 Panguragan terletak di area indutri pengolahan sampah. Panguragan dikenal dengan daerah pengepulan sampah terbesar di Kabupaten Cirebon. Proses pengepulan dan pengolahan ini tidak jarang merugikan lingkungan sekitar karena dilakukan dengan cara pembakaran ban bekas atau kabel. Untuk meningkatkan kesadaran warganya, maka materi pencemaran udara dengan model PjBL sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran IPA.

Dengan demikian diharapkan dengan pembelajaran PjBL mata pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan kesadaran lingkungan pada siswa.

 

Tujuan dan Manfaat

Praktik baik ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar lebih baik lagi dan sebagai bahan refleksi guru dalam melaksanakan pembelajaran ke depannya. Sedangkan manfaatnya praktik baik ini akan mempengaruhi perkembangan siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan membangun lingkungan belajar yang positif.

 

Kajian Pustaka

Model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada proyek atau tugas yang berorientasi pada pengalaman nyata. PjBL menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, dan pemahaman konten melalui pengalaman langsung. Dalam PjBL, siswa terlibat dalam proyek atau tugas yang menantang dan bermakna yang memerlukan pemecahan masalah, penelitian, dan penerapan pengetahuan mereka. Siswa bekerja secara kolaboratif dalam tim untuk merencanakan, melaksanakan, dan menyelesaikan proyek mereka. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan kepemimpinan yang diperlukan dalam dunia nyata.

Sintaks atau Langkah-langkah pembelajaran PjBL terdiri dari enam tahapan yaitu (1) menentukan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) memonitor kemajuan proyek, (5) menguji poses dan hasil belajar, dan (6) evaluasi pengalaman.

Menurut Elisabet (2019), dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) membuat  pembelajaran  menjadi  sangat  menyenangkan  dan  antusias dalam  proses  belajar,  hal  ini  dapat  dilihat  dari  cara  siswa  mencari  sebuah  informasi  tentang  materi  yang diberikan, dan siswa juga semakin aktif dalam pembelajaran.

Motivasi belajar siswa dapat diukur dengan menggunakan metode ARCS, yaitu : (a) Attention (perhatian), (b) Relevance (relevansi), (c) Convidence (percaya diri), dan (d) Satisfaction (kepuasan). Kondisi ini dapat diamati dengan menyebarkan angket atau pengamatan melalui jurnal guru.

 

Hasil

Sebelum melakukan praktik baik, siswa terlebih dahulu diwawancara dan diobservasi tentang motivasi belajarnya pada mata pelajaran IPA. Hasil wawancara dan observasi ini kemudian dibandingkan dengan hasil angket yang disebarkan kepada siswa setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL. Hasilnya pembelajaran PjBL pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Panguragan mata pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu siswa memiliki keterampilan baru dalam membuat poster digital.

Berikut ini adalah data motivasi siswa pada mata pelajaran IPA setlah diterapkan model pembelajaran PjBL.

 

 

Setelah proses pembelajaran materi pencemaran udara dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) terjadi peningkatan hasil pembelajaran yang cukup signifikan. Berikut ini adalah hasil analisis hasil belajar siswa berdasarkan perbandingan nilai saat pretest dan saat postest.

Nilai tertinggi dan terendah saat pretest berturut-turut adalah 80 dan 0 dengan nilai rata-rata 30 dari jumlah 25 peserta didik. Sedangkan nilai tertinggi dan terendah saat postest berturut-turut adalah 50 dan 100 dengan nilai rata-rata 86 dari jumlah 25 peserta didik.

 

Kesimpulan

Praktik pembelajaran yang telah dilakukan secara umum efektif dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Hal ini terlihat dari hasil penyebaran angket setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL. Nilai tingkat kepuasan siswa sebesar 90, 29%; kepercayaan diri 89,47% ; relevansi 84,21% ; dan perhatian 85, 22%.

Dengan demikian model pembelajaran PjBL efektif dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa.

 

Referensi

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research3(3), 285-291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment